08 Mei 2008

Surat Pembaca Kompas Soal Tayangan Acara TV

Pada Rubrik REDAKSI YTH. Kompas, Kamis 8 May 2008, terdapat tulisan sbb. :

Pesan Moral Tayangan TV
Kita sudah sering membaca keluhan pemirsa TV tentang acara hiburan yang penuh dengan kekerasan. Kata-kata dalam adegan sinetron/sitkon diungkapkan dengan nada tinggi, bibir serong yang dicibirkan, lirikan mata yang disipitkan, dan banyak lagi bahasa wajah yang konotasinya negatif. Adakah perbaikan?
Dalam tayangan Suami-Suami Takut Istri pukul 18.30 (21/4) di salah satu stasiun televisi swasta, digambarkan seorang istri dengan membawa seorang anak usia empat-lima tahun masuk ke rumah tetangga untuk menjemput suaminya. Dialog istri dengan nada tinggi sambil berkali-kali mencubit pinggang suami, ”Pulaaaaang..... Puuuuuulang.”
Yang mengejutkan saya adalah dialog selanjutnya ketika anak perempuan berpipi tembem bertanya kepada ibunya, ”Boleh ga, aku ikutan nyubit, Papi?” Dijawab oleh ibunya, ”Boleh, sayaaaang, kalau perlu yang kenceeng!” Si anak lalu berdiri dan mencubit ayahnya dan sang ayah menjerit-jerit kesakitan.
Kepada para penanggung jawab acara yang meloloskan hiburan dengan dialog/adegan sejenis, pesan moral apa yang mau disampaikan kepada pemirsa?
Kasihan melihat anak balita diberi dialog dan peran serendah itu. Atau memang ini yang ingin disampaikan kepada generasi muda kita? Apakah ini dimaksudkan agar anak berani melakukan kekerasan fisik dan verbal yang dianggap alat komunikasi ampuh pada masa kini?

Lanni Kristanto Bumi Harapan Indah Blok D, Kramat Jati, Jakarta

5 komentar:

gotong royong mengatakan...

iya ya masak suami suami takut istri kok ditayangi

Anonim mengatakan...

Mungkin ada upaya pihak televisi mengejek para suami yang takut istri atau apa sih? Sama sekali tidak mendidik bangsa ya..

Raymond
Papua

Anonim mengatakan...

SAYA RASA, PENGELOLA STATION TV KITA YANG BELUM DEWASA. MEREKA BETUL-BETUL HOPELESS DALAM BERSAING DENGAN SEHAT

Anonim mengatakan...

Salam kenal selalu dari pemilihan umum blogspot.com

Anonim mengatakan...

SAATNYA KITA NONTON CNN, ESPN, CNBC ATAU FOX. PASANG CABLE YANG BANYAK AGAR HARGA LANGGANAN MENJADI MURAH...

CABLEMAN