15 Januari 2011

KPI Pusat Tegur TV One

KPI Pusat melayangkan teguran tertulis kepada TV One terkait pelanggaran dalam salah satu program acaranya. Adapun program acara tersebut yakni program siaran langsung Kabar Siang dengan topik Final Piala AFF yang tayang pada 29 Desember 2010. Hal itu dijelaskan dalam surat teguran KPI Pusat kepada Dirut TV One, Erick Thohir, Jumat, 14 Januari 2011.

Dalam surat teguran yang ditandatangani wakil ketua KPI Pusat, Nina Mutmainnah, dijelaskan mengenai pelanggarannya yakni penayangan wawancara dengan suporter Indonesia yang mengomentari jelang pertandingan final Tim Nasional Indonesia melawan Tim Nasional Malaysia dengan mengeluarkan ucapan yang mengandung kata-kata kasar dan makian. Kalimat yang ditayangkan tertulis dalam surat teguran tersebut.

Menurut KPI Pusat, jenis pelanggaran tersebut dikategorikan sebagai pelanggaran terhadap kata-kata kasar dan makian di lembaga penyiaran. KPI Pusat memutuskan bahwa tindakan penayangan tersebut telah melanggar Pedoman Perilaku Penyiaran (P3) Pasal 8 dan Pasal 18 ayat (2) dan Standar Program Siaran (SPS) Pasal 9, Pasal 27 ayat (4) huruf a, dan Pasal 42 ayat (1) a.

Diakhir surat, KPI Pusat meminta kepada TV One untuk lebih berhati-hati dalam memproduksi program siaran langsung.

6 komentar:

Universitas Islam Indonesia mengatakan...

Artikel yang menarik..
Salam dari sahabat di Jogja...^_^

Universitas Islam Indonesia
http://uii.ac.id/
Universitas Swasta Terbaik di Yogyakarta

TV Satelit mengatakan...

Artikelnya keren, sangat bermanfaat dan membantu.. Tapi kenapa Indonesia selalu mempermasahkan hal-hal yang sebenarnya kurang pantas dipermasalahkn? Masih ada banyak hal lain yang perlu dibenahi sebenarnya..

Reza Natadipura mengatakan...

Wah lagi2 kasus siaran tv di Indonesia..
Wong yg kaya gini aja masih pada kisruh, belum lagi skrgn ada heboh berita tangtang Lady Gaga yg dianggap tidak layak di siarkan di Indonesia.. hhaduh :D

TV Kabel Indonesia mengatakan...

Apakah ada info baru tentang tanggapan KPI dengan tayangan TV Kabel di Indonesia?

mhulyana mengatakan...

Kalau masalah-masalah kecil saja tidak diperdulikan/ dibenahi, gimana mau beresin masalah-masalah besar mas bro? Saya kira masalah-masalah besar Indonesia saat ini disebabkan oleh masalah-masalah kecil yang tidak digubris dahulunya sehingga menjadi besar dan tak terselesaikan?

Please... Think twice!!

Cara Memperbaiki Tidak terbaca mengatakan...

numpang ah