31 Januari 2008

Apa Kabar TV Lokal di Luar Jakarta?

Karena power transmitter ada batasnya, maka siaran televisi apa pun sebetulnya lokal semua. Sebutan TV "nasional" hanya karena izin stasiun televisi tersebut diperbolehkan mendirikan stasiun relay diberbagai daerah. Semua televisi "nasional" itu kini berpusat di Jakarta (sebelumnya ada SCTV yang awalnya di Surabaya dan ANTV di Lampung).

Jika televisi nasional tersebut tidak memiliki stasiun relay diberbagai daerah, maka televisi itu sama dengan televisi lokal Jakarta. Jika coverage siaran televisi itu hanya Jakarta dan sekitarnya, sudah barang tentu harga iklan per-spot-nya jauh lebih murah dari tarif yang sekarang. Pasti kantor dan studio mereka juga akan jauh, jauh dan jauh lebih sederhana.

Hanya karena berizin nasional, maka investasi mereka pun beratus-ratus milyar rupiah.

Bagaimana dengan Stasiun Televisi Lokal?
Saya pernah melintas didepan studio Jak-TV di SCBD, Jakarta. Pernah mendengar juga studio O'Channel di Sarinah Thamrin dan ElshintaTV di Wisma Indosemen, Sudirman. Itu daerah perkantoran yang mahal. Tapi mengapa mereka berani berinvestasi semahal itu? Padahal, dari sisi pendapatan, pasti televisi lokal akan sangat jauh dibandingkan dengan televisi nasional.

Lalu, bagaimana dengan televisi lokal diluar Jakarta? Itu yang saya ingin dengar dari Anda di sini..

2 komentar:

Andra mengatakan...

Nice blog!
Salam kenal ya!
Kalo pingin join program ngeblog,posting foto,ngasih comment,nyari teman,chatting dsb. bisa dapat duit silahkan klik di sini!
Gratis dan menyenangkan!
Bisa cari teman,sahabat dan relasi sambil cari duit di internet!
Aq tunggu joinnya dan mari kita sukses sama2 di sana!
Andra ~

* Pingin dapat duit tiap kali blog anda dikunjungi/dibaca orang? Silahkan klik di sini!

* My email : andraps@gmail.com

Anonim mengatakan...

Join opo toh mas... Aku mau dong hehehe