09 April 2008

Kemana Arah Programming Televisi Kita?

Televisi Pendidikan Indonesia (TPI) punya acara baru bernama "Karaokean Yuuk" disiarkan hari Senin-Jumat pukul 12.00-13.00 WIB, yang dipandu oleh Evan Naro.

Peserta "Karaokean Yuuk" tidak perlu memiliki kemampuan menyanyi yang bagus, karena yang dinilai adalah tingkah laku, penampilan, dan kelucuan peserta di atas panggung. Peserta yang paling lucu dan menghibur berpeluang menang.

Acara ini terdiri dari empat segmen. Segmen pertama, ada 125 orang yang tersebar di lantai pentas. Pemandu acara memilih secara acak para peserta karaoke. Caranya, pemandu akan mengetes mereka menyanyi. Mereka yang lulus akan dibentuk menjadi lima tim. Dari segmen ke segmen intinya adalah menyeleksi tim. Nah, di segmen terakhir, seorang kapten tim diminta menyanyikan potongan lagu dan menebak judul lagu tersebut. Jika dia tidak bisa menjawab, anggota timnya akan tercebur ke kolam.

CATATAN SAYA :
Televisi di Indonesia betul-betul kehabisan akal dalam mengeksplor kreatifitas program. Kebanyakan dari pekerja televisi, hanya bisa membuat acara sebatas hiburan yang dangkal. Hiburan yang hanya menghabiskan waktu masyarakat Indonesia "haha hehe" atau "nangis" atau "takut" di depan TV tanpa dapet 'pesan' apa pun.

Saya tidak anti "haha hehe" atau apapun itu, tetapi jumlah acara seperti terlalu banyak!
Indosiar mengabiskan airtime-nya dari jam 18.00 - 24.00 hanya untuk acara ngalor-ngidul gak karuan. TPI juga begitu. SCTV penuh dengan isak tangis dan akting pesinetron pemula.
Trans TV hanya muter film hollywood usang, RCTI masih asik memproduksi acara kontes nyanyi yang ujung-ujungnya menyedihkan bagi nasib pesertanya (baca: kisah selebriti gagal) dll dll... Mungkin hanya MetroTV yang masih agak mendingan... Ada yang bisa dipetik bagi masyarakat, entah informasi ataupun pencerahan.

Kemana arah programming televisi Indonesia?

5 komentar:

saifudinhidayat mengatakan...

setuju

Anonim mengatakan...

Mungkin arah balik mundur seperti zaman orde baru mas...

Anonim mengatakan...

Di Changi tetep rame walaupun sudah midnight nih hehehe

Anonim mengatakan...

GUE JUGA SEBEL AMA ACARA-ACARA MAMAMIA, INDONESIAN IDOL ATAU BINTANG CILIK. DAH GAK MUTU JAMAN SEKARANG ACARA SEPERTI ITU. KICK ANDY LEBIH BAGUS TUH... LIAT AJA

saifudinhidayat mengatakan...

kalau setuju setuju dengan penulissampaikan saran kritik anda di sini