01 Oktober 2009

Jumlah Penonton TV Selama Masa Mudik Lebaran Menurun

Selama bulan Ramadhan, jumlah penonton TV meningkat tetapi saat Idul Fitri atau selama masa mudik lebaran jumlahnya menurun. Idul Fitri yang erat kaitannya dengan tradisi mudik atau pulang kampung mempengaruhi jumlah penonton TV. Pada hari raya Idul Fitri 20-21 September 2009, dari 10 kota yang disurvei oleh AGB Nielsen terdapat penurunan jumlah penonton dibandingkan pada saat bulan Ramadhan kecuali Denpasar. Menurut data AGB Nielsen, jumlah penonton potensial atau dari total jumlah penonton di 10 kota menurun 17% menjadi 11,2 poin (5,2 juta orang). Sebaliknya, total jumlah penonton di Denpasar mengalami kenaikan sebesar 15% menjadi 14,4 rating points (sekitar 90 ribu orang). Di Palembang, jumlah penonton TV tetap stabil dan memiliki rating points yang paling tinggi yaitu 16,7 (257 ribu orang). Sementara, penurunan terbesar terjadi di kota Makassar, Jakarta, Surabaya, dan Medan.Dibandingkan dengan hari raya Idul Fitri tahun lalu, jumlah penonton TV pada perayaan Idul Fitri tahun ini mengalami kenaikan. Dari 10 kota yang disurvei, kenaikan terbesar dialami oleh Denpasar sebesar 46%, dan diikuti oleh Bandung dan Makassar sebesar 30%, sementara kota Surabaya justru mengalami penurunan jumlah penonton TV.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

apakah itu cerminan di kampung gak punya tv? hehehe