30 November 2008

Media Mampu Mengubah Artis Menjadi Sosok Pengambil Kebijakan

Seorang selebritis atau artis yang wajahnya sering kita saksikan di layar kaca ternyata bisa menjadi pengubah kehidupan orang banyak. Hal itu diungkapkan oleh akademisi dan juga pengamat media, Ade Armando, dalam Dialog Publik yang bertema Celebrity VS Self Beauty di Kampus FISIP Universitas Indonesia (UI) Depok, Kamis (27/11).

Salah satu contoh artis dan bintang film terkenal tersebut adalah Ronald Reagen. Popularitas Reagen di dunia layar kaca dan lebar mampu menjadikan dirinya sebagai presiden AS dan hal serupa juga terjadi di Philipina. Di Indonesia, tren artis masuk ranah politik mulai ramai, sebut saja Dede Yusuf yang terpilih menjadi Wakil Gubernur Jawa Barat. “Ini sedikit banyak karena pengaruh dari media yang membuat mereka banyak dikenal masyarakat,” ungkap mantan anggota KPI Pusat periode Ade Armando.

Hal senada juga diungkapkan oleh Elena. Menurutnya, seorang artis dapat menjadi terkenal dimata masyarakat karena didorong oleh media terutama televisi. Menurut wanita yang banyak berkecimpung didunia entertainment ini, artis atau selebritis adalah produk yang mestinya hanya untuk dinikmati dalam peranan keartisannya. Dalam kesempatan ini, Elena juga mengeluhkan penyajian program infotaimen di televisi terutama mengenai kehidupan pribadi seorang artis atau selebritis. “Padahal ada etika ketika kehidupan pribadi seorang artis atau selebritis itu diungkap,” katanya di depan para mahasiswa dan mahasiswi Fisip UI.

Menyikapi hal ini, wakil Ketua KPI Pusat Fetty Fajriati menyatakan persetujuannya. Menurutnya, program infotaimen yang ada sekarang tidak sesuai dengan aturan yang ada di KPI. “Padahal KPI sudah memberikan himbauan kepada pihak-pihak terkait untuk menjaga baik-baik wilayah privasi pribadi seseorang,” ungkapnya.Selain itu, kata Fetty, menyangkut persoalan ini KPI juga telah bekerjasama dengan Dewan Pers yang memang bertugas melakukan pengawasan terhadap etika jurnalistik dalam program tersebut. (KPI)

1 komentar:

jemiro mengatakan...

saya jadi teringat artis lawak kita mas eko yang kini jadi bagian pemerintahan, saya hanya berharap performennya selaras dengan posisinya :) thx share infonya