11 Januari 2010

Demo Karyawan Hadang HUT Indosiar ke 15

Manajemen Indosiar menghadapi aksi demo yang akan dilakukan oleh ratusan karyawannya bertepatan dengan hari ulang tahun ke-15 stasiun TV swasta tersebut pada 11 Januari. "Kami sudah antisipasi. Mereka sudah minta izin mau melakukan demo. Ada sekitar 200 orang karyawan yang mau unjuk rasa. Tidak apa-apa asal mengikuti prosedur yang berlaku," kata Handoko, Direktur Utama PT Indosiar Visual Mandiri di sela-sela media gathering HUT ke-15 Indosiar, hari ini.

Menurut dia, manajemen sudah mengetahui rencana aksi unjuk rasa tersebut. Sejauh ini tidak jadi masalah. Dia menuturkan pemicu demo tersebut karena sebagian karyawan minta kenaikan gaji, dengan sistem pukul rata. "Sementara manajemen memberlakukan kenaikan gaji bagi karyawan tersebut, melalui dua hal yaitu berdasarkan evaluasi kinerja masing-masing karyawayan yang dinilai oleh atasannya [key performance indicator/KPI], dan melihat kondisi keuangan perusahaan saat itu," tuturnya. Selama ini, jelasnya, manajemen sudah menerapkan ketentuan upah minimum standar UMR, upah lembur, dan lainnya, sesuai dengan peraturan Depnaker. Saat ini, katanya, total jumlah karyawan Indosiar mencapai 1.500 orang. "Gaji mereka di sudah di atas rata-rata. Boleh dibandingkan dengan gaji stasiun televisi swasta lainnya. Kami memberi karyawan dengan upah yang layak dan cukup tinggi," ujar Handoko.

Sumber wartawan mengungkapkan salah satu penyebab demo tak lain tidak ada kenaikan gaji dalam kurun waktu yang lama. "Hampir 7 tahun gaji kami tidak naik," jelasnya.

Menyinggung target pendapatan Indosiar 2009, dia mengatakan belum dihitung. "Saya kira sampai Desember sudah bisa positif. Namun, pada September masih negatif dengan nilai kerugian senilai Rp.9 miliar," ujarnya. Untuk 2010 ini, Handoko belum berani menyebutkan berapa target kenaikan yang hendak dicapai. "Masih terlalu pagi. Kami belum menghitung hasil pendapatan 2009," kilahnya.

Sementara untuk menyambut HUT ke-15, Indosiar akan menampilkan acara berformat variety show bertajuk Semarak Fantasi 15. Dalam acara akbar tersebut dibuat panggung multimedia Giant LED berupa layar tipis berukuran besar, lengkap dengan permainan lighting yang spektakuler, dan menampilkan grup band papan atas. "Kami juga menampilkan koreografer kolosal. Acara ini akan disiarkan langsung 11 Januari pukul 19.00 WIB dari dua studio," kata Triandy Suyatman, Direktur Program Indosiar. Biaya untuk acara HUT ini, katanya, tidak sebesar acara HUT televisi swasta lainnya. "Sebab, kami memproduksi sendiri semua acara tersebut. Jadi anggaran lebih kecil, tapi hasilnya lebih besar," kilahnya tanpa menyebutkan angka. Dia menuturkan dalam rangkaian ulang tahun ini, pihaknya memberi kesempatan kepada pemirsa yang berulang tahun bertepatan dengan HUT Indosiar. "Mereka bisa mengkuti acara spesial Happy Song 11. Syaratnya pria/wanita semua umur dan harus mendaftar melalui happysong11@indosiar.com," ujar Triandy. Selain itu, tambahnya, juga ada Sepedaria 2010 yang diadakan pada 24 Januari. Start dan finish di Parkir Timur Senayan Jakarta. "Kami membuka seluasnya kepada masyarakat untuk ikut, karena banjir hadiah. Seperti tahu-tahun lalu pesertanya sampai 7.000 orang," ujarnya. Pada hari H tersebut, katanya, Indosiar menayangkan beberapa acara spesial selain Semarak Fantasi 15, FTV Lovely 15, Happy Song 11, dan film-film box office dalam gelar film Indosiar. (bisnis.com)

Tidak ada komentar: