Hasil survei dari Nielsen menunjukkan iklan menghabiskan waktu yang lebih lama di layar televisi di tahun 2009, naik 5 persen dari tahun sebelumnya.Ada lebih dari 21.000 jam total iklan yang tayang di 2009, atau setara dengan 57 jam perhari.Sementara total durasi program adalah 202.901 jam selama tahun 2009. Artinya rata-rata durasi program iklan di 2009 sekitar 555 jam perhari, ada 10 persen iklan dari total program di 2009.
"Lebih dari Rp 29 triliun pengeluaran untuk iklan di televisi, sekitar Rp 16 triliun di koran, dan lebih dari Rp 1 triliun di majalah dan tabloid," ucap Senior Manager Media Nielsen, Maika Randani di kantornya, Mayapada Tower, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Selasa (19/1/2010).
Kenaikan pengeluaran untuk iklan TV posisi teratas ditempati sektor komunikasi yaitu Rp3,8 triliun, disusul oleh sektor pemerintahan dan politik dengan belanja iklan Rp3,6 triliun, naik 64 persen dari tahun 2008 sebesar Rp2,2 triliun. "Kenaikan di sektor politik berkaitan dengan adanya kampanye pemilu di awal 2009," kata Maika Menurut Maika, untuk tren lima tahun ke depan TV masih akan menjadi media favorit pengiklan.
19 Januari 2010
Durasi Iklan TV Indonesia Selama Tahun 2009 Naik 5 Persen
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar