11 Agustus 2008

Tayangan TV Tentang Black Box Langgar Kode Etik?

Gencarnya beberapa stasiun TV memperdengarkan isi percakapan pilot dan co-pilot Adam Air dari blackbox pesawat yang mengalami kecelakaan di perairan Majene, Sulawesi Barat, dapat menimbulkan trauma pada masyarakat. Baik KPI (Komisi Penyiaran Indonesia) maupun Dewan Pers, menilai, penayangan suara di saat-sat terakhir kecelakaan pesawat bernomor penerbangan KI-572 jurusan Jakarta–Manado, sebagai pelanggaran terhadap kode etik jurnalistik, pedoman perilaku penyiaran, dan standar program siaran.

Sejumlah tayangan program berita yang dianggap melakukan pelanggaran itu, menurut KPI adalah Buletin Siang (RCTI), Berita Global (Global TV), Kabar Siang (tvOne), Topik Siang (Antv), dan Liputan 6 (SCTV). ”Pelanggaran tersebut pada bagian rekaman suara (soundbite) yang menunjukkan saat-saat terakhir pilot dan kopilot dan pesawat AdamAir. Dapat menimbulkan trauma sangat mendalam. Terutama pada keluarga, sahabat korban, dan masyarakat umum,” jelas Ketua KPI Sasa Djuarsa Sendjaja, di gedung KPI, Jakarta , Kamis (7/8).

KPI juga menyesalkan ditayangkannya ilustrasi animasi kecelakaan yang tidak mencantumkan keterangan secara lisan bahwa visualisasi yang ditampilkan merupakan rekayasa. “Ketiadaan informasi seperti itu, bisa menimbulkan kesalahpahaman pada masyarakat bahwa yang mereka lihat adalah kejadian aktual,” kata Sasa. Sementara Sabam Leo Batubara, Wakil Ketua Dewan Pers, menyatakan, berdasarkan pasal 30 ayat b UU No 40/1999 tentang pers, tidak boleh menggambarkan saat-saat terakhir kematian. “Berdasarkan UU penyiaran, dapat didenda, teguran, dipaksa tidak siaran, dan kalau masih dilanggar akan ada peringatan tertulis yang bisa mempersulit memperpanjang izin,” tegas Leo.

Catatan Saya :
Itulah satu lagi bukti bahwa pengelola TV hanya mementingkan berita tanpa memikirkan dampak pemberitaannya. Mereka tahu itu membuat buku kuduk merinding, tapi mereka merasa berjaya telah membuat bulu kuduk orang merinding. Mereka meniadakan perasaan mereka sendiri sebagai manusia. Yang penting berita!!!

4 komentar:

Anonim mengatakan...

Ya, saya sempat mendengar isi rekaman blackbox tersebut. Saya yakin itu asli dari pilot dan kopilot Adam Air. Sungguh membuat saya lemes setelah mendengar isi rekaman tersebut. Semoga para korban diberikan kedamamaian dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan iman. Amin!

alt mengatakan...

ya saya sempat mendengar isi rekaman blackbox.tersebut,saya turut prihatin saya yakin itu asli ,keluarga diberi kekuatan iman

Anonim mengatakan...

Terlepas dari itu palsu atau bukan, memang tidak pantas untuk ditayangkan ke publik

Indonesian Dreaming mengatakan...

Apa sudah gak ada berita lain yang lebih bermanfaat? Kasihan keluarga dan masyarakat Indonesia.