16 Desember 2008

Iklan TV Amerika Terkena Dampak Krisis Ekonomi

Kawan saya, Naratama yang bekerja di Washington DC menulis di milis sebabai berikut :

Krisis ekonomi yang melanda Wall Street akhirnya tiba di Hollywood. Info terakhir dari majalah TV Guide menyebutkan bahwa beberapa pengiklan papan atas harus gulung tikar dari layar kaca (Iklan mobil FORD, Iklan Bonus Natal dan Tahun Baru, Iklan2 lokal,dsb). Stasiun TV satelit dan kabel harus berjibaku mengaur strategi baru agar jeda komersial tidak lenggang dan tetap berisi.

Dalam tulisan berjudul THE FUTURE OF TV COMMERCIAL, Anne Becker yang kolumnis TV Guidemenyebutkan teknik2 dan metode terbaru beriklan TV. Beberapa catatan penting yang mungkin bermanfaat buat industri tv kita adalah:

Shorter Ads.
FOX TV melakukan ujicoba dengan memotong durasi Jeda Iklan atau Commercial Breaks. Kalau biasanya jeda iklan mencapai 2' sampai 3menit, dipoting pendek menjadi 1' hingga 1'30". Sisanya dilepas ke 'end program' dengan promo-promo acara FOX. Ini menyebabkan Image FOX sebagai TV yang banyak iklan tetap bertahan, padahal iklannya sudah berkurang setengah full spots.

Product Placement (Di Indonesia dikenal dengan Build In Product).
Stasiun TV NBC sekarang banyak memasukkan Build In Product dalam setiap acaranya. Yang paling kental adalah pada serial drama Knight Rider dimana mobil FORD yang dipakai dan dieksplore habis-habisan, padahal iklan komersial Ford sudah tidak ada.

Online Ads
Sulit mencari sponsor untuk jeda iklan, para stasiun tv ini kemudian me-RERUN programnya lewat Online TV di Website. Disinilah, dijual advertising khusus untuk iklan dengan harga lebih murah dari commercial spots. 89% publik Amerika lebih suka menonton RERUN di online dari pada di TV. Saturday Night Life mencapai RERUN dan pemasukan super tinggi ketika Sarah Pailin di parodikan oleh Tina Fey.

Sementara itu, dari pengamatan pribadi ada beberapa catatan dari perubahan wajah dunia tv Amerika yaitu:

New Programming:
- Mengurangi Belt atau Stripping Program
- Mengganti Serial Drama dengan Talk Show, ini terjadi di NBC dimana serial CSI yang
berharaga beli jutaan dollar diganti oleh Talk Show Jay Lenno yang biayanya lebih murah.
- Fokus ke Politik! Obama, Obama, Obama. Mumpung lagi Hot.

Demikian seperti ditulis oleh Naratama di Washington DC.

Tidak ada komentar: