19 April 2009

Beberapa Catatan Acara Televisi

Fantastis Trans TV

Tiga bulan terakhir, Trans TV menayangkan tiga program baru, yakni Realigi, Topsert, dan Ngulik. Realigi merupakan drama reality show yang sarat dengan siraman rohani. Acara ini mengangkat kisah seseorang yang berupaya mengajak orang lain, seperti orangtua, anak, saudara, dan sahabat, kembali ke jalan yang benar.

Seperti reality show yang sudah ada di Trans TV, di acara ini ada seorang pelapor yang mengisahkan perjalanan hidupnya kepada seorang konselor atau motivator. Acara ini diputar setiap Senin pukul 20.00 WIB.

Adapun Topsert menayangkan video klip lagu yang sedang populer saat itu, cerita di balik pembuatan video klip, serta cerita di balik tema sebuah lagu. Acara ini menggabungkan antara gosip seputar anak band/penyanyi dan musik. Program yang tayang setiap Senin-Jumat pukul 15.30 WIB tersebut dibawakan Fla Tofu dan Rendra Sudjono.

Ngulik merupakan acara reality talk show yang dibawakan Asry Pramawati (pemeran Welas dalam komedi situasi Suami-suami Takut Istri di Trans TV). Asry akan berbincang-bincang dengan sejumlah orang yang dia temui di berbagai tempat.

Perbincangan biasanya menyangkut isu-isu yang ringan, seperti makanan dan belanja. Acara ini sebenarnya mirip dengan berbagai acara jalan-jalan dan kuliner yang selama ini sudah ada di Trans TV.

Dua Serial Anime Baru

Dua serial anime terbaru diputar di kanal Animax Asia, bersamaan dengan penayangannya di Jepang, yakni Tears to Tiara (mulai 6 April 2009 tiap Senin pukul 11.35 WIB) dan Fullmetal Alchemist-Brotherhood (mulai 10 April 2009 tiap Jumat pukul 19.30 WIB).

Animax Asia mendapatkan hak siar eksklusif dengan menayangkan dua serial itu di luar Jepang dalam waktu yang bersamaan dengan pemutaran di Jepang. ”Hal ini belum pernah terjadi sebelumnya,” kata Gregory Ho, Vice President & General Manager Animax Asia.

Tears to Tiara terinspirasi dari game fantansi yang sangat digandrungi dan dapat dimainkan melalui komputer personal dan Sony PlayStation 3. Dipublikasikan oleh Aquaplus, penerbit game-game Jepang ternama seperti ”To Heart” dan ”Utawarerumono”, game ”Tears to Tiara” sangat populer dan terjual habis di seluruh Asia pada bulan Maret 2009.

Serial kedua, Fullmetal Alchemist–Brotherhood, termasuk serial sekaliber Slam Dunk, Dragonball, Gundam, dan Naruto yang populer di seluruh dunia. Sekuel ketiga dari serial Fullmetal Alchemist ini diadaptasi dari serial manga (komik) karya Hiromu Arakawa.

”Para penggemar anime di Indonesia dan Asia selama ini selalu ketinggalan serial anime terbaru di Jepang sehingga mereka mengunduh secara ilegal dari berbagai sumber. Dengan ini, semoga bajakan berkurang,” tambah Gregory Ho.

Uji Kecerdasan

Apakah Anda merasa lebih pintar dari siswa sekolah dasar (SD)? Jangan yakin dulu. Lebih baik Anda mengujinya dalam acara Are You Smarter Than a 5th Graders? yang ditayangkan Global TV setiap Sabtu malam sejak 4 April lalu.

Dalam acara berbentuk kuis ini, peserta yang terdiri atas orang dewasa dari berbagai profesi diuji dengan pertanyaan-pertanyaan dari mata pelajaran siswa kelas I hingga kelas V SD. Hasilnya, ternyata sebagian peserta tidak lebih pintar dari murid kelas V.

Di kuis ini, peserta yang mungkin sudah lupa dengan pelajaran-pelajaran di masa kecilnya itu dibantu lima siswa kelas V SD sungguhan, yakni Belinda (SD Pembangunan Jaya), Barrie (SDN Menteng 01 Pagi), Namira (Sekolah Cikal), Bima (Sevilla International School), dan Quinsha (SDI Al Azhar Pusat). Anak-anak SD ini siap memberikan ”contekan”, bahkan salinan jawaban kepada para peserta.

Acara dipandu Tantowi Yahya. Dia memberikan 10 pertanyaan dari berbagai kategori mata pelajaran kepada masing-masing peserta. Setiap pertanyaan mempunyai nilai hadiah yang terus meningkat jika peserta menjawab benar. Hadiah tertinggi jumlahnya Rp 100 juta.

Nah, kalau Anda merasa lebih pintar dari anak kelas V SD, kenapa tidak menjajal kuis ini?

AXN Beyond dan SET

Salah satu kanal yang bisa ditonton lewat televisi berlangganan, AXN Asia, kini melebarkan sayap, memasuki wilayah yang niche, tipis batasan pasarnya. AXN Asia sedang berproses untuk peluncurkan dua kanal baru, yakni AXN Beyond dan SET. AXN Beyond menghadirkan program-program supranatural, sementara SET untuk wanita. AXN Asia sendiri selama ini dikenal dengan kanal yang menyiarkan program-program aksi. ”Tidak akan ada yang menangis kalau nonton AXN,” kata Senior Vice President and General Manager SPE Network Asia Ricky Ow menggambarkan.

Tahun ini, AXN juga akan memproduksi reality show, semacam talk show tentang gaya hidup dan ada lagi program sejenis Amazing Race. ”Kami akan meluncurkan sebuah kompetisi petualangan. Tahun ini kami akan membawa ke Jakarta ’AXN Challenge’,” kata Ricky.

Apakah AXN Challenge? Ini adalah kompetisi petualangan urban di hutan urban. Sebagai pengganti memanjat gunung, peserta akan memanjat gedung. Acara ini diikuti oleh tim, terdiri atas tiga orang. Kombinasinya bisa dua laki-laki dan satu perempuan atau satu laki-laki dan dua perempuan.

Shooting pernah dilakukan di Hongkong, Singapura, Malaysia, Filipina, dan India. ”Kami sedang mempertimbangkan Indonesia,” kata Ricky. Menurut dia, Indonesia adalah pasar yang bagus. Apalagi, acara ini akan disaksikan di seluruh Asia dan tetap memakai bahasa Inggris. (Kompas)

1 komentar:

Bovie mengatakan...

lebih tertarik FMA brotherhood =P