11 Juni 2009

TV Digital Bisa Diakses Lewat WiFi

Meski menggunakan teknologi DVB-H (Digital Video Broadcasting-Handheld), siaran TV digital dapat diakses melalui jaringan WiFi. Demikian dikatakan Suharso W. Sulistyo, Group Head Value Added Service Marketing Indosat saat memperkenalkan siaran TV digital hasil kerja sama antara Indosat dan Konsorsium TREN.

"Dengan inovasi ini kami mengharapkan masyarakat dapat dengan mudah mengakses informasi dari siaran TV dimana saja dan kapan saja melalui ponsel mereka, dengan kualitas gambar dan suara yang jauh lebih baik," katanya.

Secara teknologi, siaran TV digital tersebut sebenarnya hanya dapat diakses menggunakan ponsel yang mendukung DVB-H. Namun, karena jumlah perangkat yang dapat menerima sinyal DVB-H masih terbatas, WiFi pun dimanfaatkan.

Menurut D Edwin Sudibyo, CTO OkeVision, salah satu anggota konsorsium tersebut, hal tersebut merupakan hasil inovasi yang selama ini belum pernah ditemukan di negara lain. Apalagi mengingat infrastruktur Wifi berupa hotspot-hotspot terutama milik Indosat telah tersebar di banyak tempat.

Untuk menyalurkan siaran DVB-H melalui WiFi, jelas Edwin, dibutuhkan proses konversi. Format siaran DVB-H harus "dibalut" dengan IP di WiFi agar dapat diterima perangkat-perangkat yang telah menggunakan WiFi. Namun, ia mengakui akan ada delay antara siaran yang diterima perangkat DVB-H dan melalui WiFi sekitar 5 detik.

Untuk mengakses siaran TV digital dari TREN melalui WiFi, dapat dilakukan di are acakupan hotspot-hotspot IndosatNet. Hal tersebut dapat dilakukan melalui ponsel atau laptop. Cukup koneksi ke hotspot IndosatNet maka akan diarahkan langsung ke siaran TV digital melalui browser dan dijalnkan dengan Quick Time.

Jika diakses menggunakan handset, siaran TV digital akan langsung dijalankana melalui media video player seperti Real Player pada Nokia N77 atau N96. (kompas.com)

Tidak ada komentar: