26 Juni 2009

Tujuh Stasiun Televisi Asing Ikut Siarkan Debat Capres-Cawapres

Acara debat capres dan cawapres yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) bekerjasama dengan lima televisi di Indonesia, ternyata juga ditayangkan secara langsung di luar negeri. Menurut Anggota KPU I Gusti Putu Artha, ada tujuh stasiun televisi asing yang ikut menyiarkan secara langsung acara debat capres dan cawapres ini.

"Ada tujuh televisi asing itu ikut live," kata Putu, ketika ditemui di Kantor KPU,Jakarta, Jumat (26/6 ).

Ia merinci, stasiun televisi asing tersebut diantaranya CNN, Al Jazera, televisi Jepang, dan televisi dari Jerman. Selain televisi asing, acara ini juga disiarkan secara langsung oleh banyak stasiun televisi lokal. Menurut Putu, untuk penyiaran secara langsung tersebut tidak dipungut biaya atau gratis. "Mereka (stasiun televisi) bisa ikut live dan itu gratis karena bebas klaim," tegasnya.

Ia menjelaskan KPU dan lima stasiun televisi penyelenggara debat telah sepakat untuk menggelar acara debat dengan tuan rumah masing-masing stasiun televisi. Ketentuannya, acara disiarkan secara langsung namun bebas klaim sehingga dapat disiarkan berbagai televisi lainnya. (kompas.com)

Tidak ada komentar: